Kongres Ibu Hamil Bagian Upaya Turunkan Angka Kematian Bumil

This slideshow requires JavaScript.

Tingginya angka kematian bayi dan ibu melahirkan di Kabupaten Jember menjadi salah satu latar belakang digelarnya Kongres Ibu Hamil.

Dalam Kongres Ibu Hamil gelombang ketiga di Pondok Pesantren Darul Falah di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kamis 27 Desember 2018, alasan tersebut disampaikan bupati.

“Adanya Kongres Ibu Hamil ini merupakan ikhtiar yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk menurunkan angka kematian ibu hamil dan melahirkan yang masih tinggi,” katanya.

Dalam kongres dijelaskan berbagai fasilitas kesehatan untuk ibu hamil (Bumil). Fasilitas ini disediakan Pemerintah Kabupaten Jember untuk digunakan para ibu hamil.

Fasilitas yang diberikan kepada ibu hamil yakni berupa asuransi kesehatan. Bupati berharap para ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan asuransi ini.

Ibu hamil harus melakukan pemeriksaan minimal 14 kali, guna mengatasi risiko yang dimungkinkan muncul saat kehamilan maupun persalinan.

Selain menggunakan asuransi, ibu hamil bisa memeriksakan kehamilannya dengan memakai fasilitas ambulans. Fasilitas ini gratis untuk ibu hamil.

Puskesmas yang menjadi fasilitas kesehatan pertama telah dilengkapi dengan minimal tiga dokter. Selain itu telah dilakukan perbaikan sejak 2017.

Pada 2017 ada 15 Puskesmas yang mendapat perbaikan. Perbaikan pada tahun 2018 di 12 Puskesmas. Sementara pada tahun 2019 diharapkan sebanyak 50 Puskesmas di Jember sudah punya wajah baru.

Selain itu, kongres memberikan penjelasan tentang gejala hamil risiko tinggi, yang bisa berakibat pada kematian.

Pengasuh Ponpes Darul Falah KH. Abdul Bari AK, S.Pd.I memberikan apresiasi kepada bupati dengan program kesehatan bagi ibu hamil.

Ia pun berdoa agar para ibu hamil menjadi sehat, Jember semakin sejahtera, makmur, dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

“Bayinya menjadi anak yang sholeh sholehah, menjadi penerus Rasullullah SAW, penerus perjuangan NKRI, dan utamanya persalinannya dilancarkan semua,” KH. Abdul Bari. (izza/mutia/*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Kongres Ibu Hamil Bagian Upaya Turunkan Angka Kematian Bumil"