Kolaborasikan Pusat dan Daerah untuk Pesantren

This slideshow requires JavaScript.

Perhatian Pemerintah Kabupaten Jember terhadap pondok pesantren sangat tinggi. Ini terlihat dari kebijakan untuk menggunakan pesantren sebagai tempat pelaksanaan beberapa kegiatan seperti Kongres Takmir Masjid dan Kongres Ibu Hamil pada tahun ini.

Tidak hanya itu, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menegaskan akan mengolaborasikan program pemerintah pusat dengan daerah untuk membantu pondok pesantren.

Kepedulian ini disampaikan bupati ketika memberikan pengarahan dalam Kongres Takmir Masjid di Ponpes Al Inaroh di Kecamatan Jenggawah, Minggu 30 Desember 2018.

Sebelum menyampaikan rencana tersebut, Bupati Jember Faida mengungkapkan bahwa separuh lebih dunia pendidikan kita diselenggarakan di dalam pondok pesantren. Karena itu, urusan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan tidak lepas dari kondisi pondok pesantren.

Bupati menyebut ratusan santri tinggal di pondok pesantren dan mandi di sungai, merupakan perjuangan swadaya asli masyarakat yang luar biasa. “Pemerintah belum andil disini,” ujarnya.

Semangat santri untuk menuntut ilmu di pondok, bahkan dengan keadaan pondok yang akan roboh, sangat mengharukan bagi bupati.

This slideshow requires JavaScript.

“Saya bersyukur sekali, Allah mengizinkan saya hadir disini, sehingga saya bisa melihat ini,” imbuhnya.

“Ini sudah waktunya pemerintah membantu pondok pesantren. Bukan hanya program dari pusat, tetapi juga harus ada kolaborasi dari daerah, sehingga pondok pesantren dapat segera terbantu,” ungkapnya.

Salah satu bentuk kepedulian pemerintah, lanjut bupati, adalah mengatasi persoalan sampah. Selama ini belum ada petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang datang untuk mengambil sampah.

Untuk pengurusan sampah ini, bupati meminta izin pengasuh pondok agar setiap hari ada petugas DLH Jember yang datang untuk mengangkut sampah.

Pengasuh Ponpes Al Inaroh Romo Muhammad Syarif Toyyib Mubarak menyampaikan terimakasih karena telah memercayakan ponpes ini untuk menjadi tempat terselenggaranya Kongres Takmir Masjid.

“Semoga para takmir lebih sejahtera dan lebih memakmurkan masjid, lebih hidup serta lebih bermanfaat,” harapnya. (mutia/izza/*f2)

 

 

 

No Response

Leave a reply "Kolaborasikan Pusat dan Daerah untuk Pesantren"