Khotmil Qur’an Setiap Tahun untuk Doakan Negara

Masyarakat Desa Balung Tutul Kecamatan Balung rutin menggelar Khotmil Qur’an setiap tahun untuk mendoakan negara. Seperti pada Kamis (31/5/2018) malam.

Kepala Desa Balung Tutul Dra. Hj. Juana menyampaikan, agenda tahunan yang diselenggarakan masyarakat Desa Balung Tutul ini biasanya pada hari Kamis dalam bulan Ramadhan.

“Masyarakat bersama-sama berdoa untuk desa, masyarakat, dan juga berdoa untuk negara,” jelas Juana dalam sambutannya.

Dalam acara religius yang digelar di Kantor Desa Tutul itu, Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief berkesempatan hadir untuk memberikan ceramah.

Memulai ceramahnya, Wabup menyampaikan kehadirannya dalam Khotmil Qur’an untuk dapat bersilaturahim dengan para tokoh masyarakat Desa Balung Tutul dan menginginkan kebarokahan dari Allah SWT.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Jember, Wabup memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Khotmil Qur’an yang merupakan acara religi, acara agamis setiap tahun.

“Jjika nantinya setiap desa bisa menyelenggarakan acara religi, tentunya akan memberikan manfaat dan barokah yang lebih besar,” tutur pengasuh Pondok PEsantren Al Falah Silo ini.

Berbicara tentang Pilgub, Wabup menginginkan masyarakat dapat menjaga kekompakan dan menjaga kondusiftas keadaan, damai dalam pilihan yang berbeda.

Sementara dalam ceramahnya, Wabup menjelaskan keindahan bulan Ramadhan. Bulan ini terbagi tiga, dengan hitungan sepertiga pertama bulan ini penuh dengan rahmat Allah SWT.

“Dan sekarang memasuki sepertiga kedua bulan Ramadhan, dibukanya pintu ampunan,” jelas Kiai Muqit. Sementara sepertiga terakhir nanti merupakan hari pembebasan dari siksa kubur.

Wabup pun berpesan agar memanfaatkan bulan Ramadhan dengan berusaha semaksimal mungkin beribadah dan mohon ampunan. Bulan juga menjadi waktu dilipatgandakan pahala dan bulan diterimanya do’a- do’a oleh Allah SWT.

Di akhir ceramahnya, Wabup berharap acara religi ini terus berlanjut dari tahun ke tahun. Sebab, dengan acara religi ini diyakini dapat menjadi kunci dalam mendapatkan barokah dari Allah SWT.

Selain Khotmil Qur’an dan ceramag agama, acara tersebut juga diselingi dengan pembagian hadiah kepada jamaah yang hadir. Hadiah didapat dengan cara diundi. Wabup pun berkesempatan memberikan hadiah kepada jamaah yang beruntung. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Khotmil Qur’an Setiap Tahun untuk Doakan Negara"