Jadi Jurnalis Tangguh pada Masa Pandemi

Pada masa pandemi saat ini, jurnalis harus tangguh. Mengikuti protokol kesehatan saat mencari informasi, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19.

“Jurnalis di lapangan harus menggunakan masker. Kalau dulu wawancara bergerombul itu keren, sekarang berbeda. Tidak bergerombol, jaga jarak, selalu sedia handsanitizer, serta menjaga  kebersihan peralatan,” kata Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

Seorang jurnalis juga memerlukan adaptasi kebiasaan baru dalam menjalankan tugas-tugasnya. Seperti wawancara via telepon atau video call.

Di samping itu, media dalam masa pendemi mestinya memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

Jurnalis adalah mitra dalam mengedukasi masyarakat. Menjadi mata dan telinga untuk melihat dan mendengar masyarakat.

“Sebagai penyampai pesan edukasi kepada masyarakat,” terang bupati dalam acara yang digelar Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember.

Ketua FWLM Jember, Ihya’ Ulumiddin, menyampaikan, dalam situasi pandemi ini jurnalis tetap menjalankan protokol kesehatan.

Jurnalis juga memberikan berita edukasi kepada masyarakat. “Kami menjadi agen yang memberikan hal positif dan memberi edukasi kepada masyarakat,” katanya.

FWLM Jember menggelar rapat kerja dan pelatihan SEO dan Medsos di salah satu hotel di Jember, Sabtu, 08 Agustus 2020. (izza/*f2)

 

Related Articles

Back to top button
Close