Implementasikan 10 LMKM di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Dyah Kusworini, mendorong fasilitas pelayanan kesehatan mengimplementasikan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui (LMKM).

Hal ini disampaikan Dyah saat membuka pelatihan secara daring tentang tatalaksana dan konseling dasar menyusui di fasilitas pelayanan kesehatan, Selasa, 11 Agustus 2020.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta harus segera melakukan konseling kepada ibu menyusui,” kata Dyah Kusworini.

Peserta juga diminta untuk berbagi ilmu kepada bidan agar semua pihak mendukung gerakan menyusui dan ASI eksklusif.

Ibu-ibu menyusui di Jember juga perlu mendapatkan ilmu dari para peserta, agar lebih memahami 10 LMKM.

Tindak lanjut pelatihan itu, peserta membuat rencana kerja setiap bulan, untuk dilakukan di fasilitas kesehatan di Kabupaten Jember.

District Coordinator GAIN Kabupaten Jember, Sri Rahayu Sugiatiningsih, mengatakan, pelatihan diharapkan menghasilkan tenaga kesehatan yang terlatih. “Memberikan pelayanan 10 LMKM di fasyankes Jember,” tuturnya.

Perwakilan CIPHI Universitas Udayana, Dinar Lubis, menjelaskan, pelatihan dipadukan dengan teknik emo demo. Teknik ini diharapkan menjadi salah satu strategi komunikasi yang sangat berguna bagi tenaga kesehatan dalam melakukan tatalaksana dan konseling kepada ibu-ibu menyusui.

“Kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dalam meningkatkan cakupan ASI ekslusif di Kabupaten Jember, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap, dan tindakan dari tenaga kesehatan,” ungkapnya. (mutia/*f2)

 

Related Articles

Back to top button
Close