Bupati Lombok Barat Pelajari Keberhasilan Bupati Jember Lindungi Tenaga Kerja

Keberhasilan Bupati Jember, dr. Faida, MMR., dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kerja di Kabupaten Jember mendapat perhatian tersendiri dari  Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid.

Karena itu, Kamis, 19 Desember 2019, Bupati Fauzan Khalid berkunjung ke Bumi Pandhalungan ini untuk mempelajari program-program Pemerintah Kabupaten Jember di bidang ketenagakerjaan.

Terkait kunjungan itu, Bupati Faida menyebut bahwa sesama kepala daerah wajib untuk saling bertemu dan berkunjung satu sama lain.

“Karena memang masing-masing punya pengalaman yang berbeda,” kata Bupati Faida.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, berkunjung bersama sejumlah pejabat BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB. Pertemuan dengan Bupati Faida berlangsung di Pendapa Wahyawibawagraha.

“Bertemu untuk berbagi. Jika zaman dulu disebut studi banding, sekarang dinamakan studi tiru. Program yang sudah pas di daerah lain, kita tinggal meniru dengan menyesuaikan kondisi masing-masing,” kata bupati.

Pemerintah Kabupaten Jember, kata Bupati Faida, juga akan belajar ke Pemerintah Lombok Barat, karena punya banyak kesamaan dengan Jember.

Pada kesempatan pertemuan itu, Bupati Faida memaparkan tentang upaya melindungi tenaga kerja, honorer, penganggarannya, dan regulasinya.

“Jember sudah mendapatkan piala Paritrana, juara nasional untuk perlindungan tenaga kerja, dan ini akan distudi tiru oleh Lombok Barat,” terang Bupati Faida.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, menjelaskan, tujuan utama kunjungannya ke Jember untuk belajar program yang terkait BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami ingin mengikuti Jember dalam konteks keikutsertaan masyarakat dalam BPJS ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Fauzan Khalid mengaku telah mendapat penjelasan tentang upaya Pemkab Jember memfasilitasi masyarakat untuk ikut BPJS Ketenagakerjaan.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman tentang masalah kemasyarakatan lainnya, dan untuk belajar menjaga hubungan antara masing-masing dinas dengan lembaga lain.

Tindak lanjut dari pertemuan itu, masih kata Bupati Fauzan, yaitu menginstruksikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Lombok Barat untuk memfotokopi semua peraturan Bupati Jember terkait BPJS Ketenagakerjaan.

“Dan perlahan akan diterapkan,” katanya. Hal ini dilakukan karena setiap pemerintah punya tujuan yang sama, yakni menyejahterakan masyarakatnya.

Termasuk yang dipaparkan Bupati Jember tentang pemberian beasiswa.

“Saya sangat terkesan dengan Bupati Jember yang memiliki terobosan luar biasa, salah satunya pemberian beasiswa pendidikan untuk anak di Jember. Mudah-mudahan ini bisa dicontoh,” harapnya. (izza/mutia/*f2)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker