Bupati Dorong Takmir Masjid Mewujudkan Kesatuan

This slideshow requires JavaScript.

Keberadaan masjid, menurut Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., semestinya tidak hanya sebagai tempat ibadah dan pendidikan. Bagi bupati, idealnya masjid menjadi sentral informasi pendidikan publik dan sentral ekonomi kerakyatan.

Untuk mencapai kondisi ideal tersebut, perempuan pertama yang menjadi Bupati Jember ini mendorong terwujudnya kesatuan seluruh takmir.

“Oleh karenanya, perlunya menggalang kesatuan bersama takmir masjid untuk membangkitkan kejayaan masjid seperti idealnya di jaman Rasulullah,” katanya Rabu, 19 Desember 2018.

Pernyataannya itu disampaikan dalam Kongres Takmir Masjid Kabupaten Jember 2018 yang berlangsung di Ponpes Nurul Hikmah di Desa kasiyan, Kecamatan Puger.

Kongres di pondok ini melibatkan sekitar 455 takmir masjid. Mereka ini akan menerima kartu BPJS Kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Jember.

Dukungan pemerintah dalam bentuk asuransi kesehatan tersebut sebagai penghargaan dan perhatian kepada pengurus masjid yang telah mengabdi sekian tahun untuk kemakmuran masjid.

Dalam acar itu juga dibagikan kartu BPJS Kesehatan, serta buku tabungan Bank Jatim. Terkait rekening bank, bupati menjelaskan sebagai sarana untuk penyaluran uang ganti transport.

Buku rekening bank ini upaya menghilangkan adanya potongan dan agar para takmir masjid inklusi maupun punya akses ke lembaga keuangan.

Sementara itu, pengasuh PP. Nurul Hikmah, KH. Hasyim Wafir menyampaikan, kongres ini merupakan apresiasi dari bupati yang cukup baik, khususnya kepada para pejuang masjid yang notabennya juga pejuang sosial.

“Luar biasa sekali, sudah diberi akses kesehatan dan jaminan kesehatan,” tuturnya.

Kiai Hasyim berharap tidak hanya pemberdayaan di kesehatan saja. Pemberdayaan juga mungkin di bidang ekonomi syariah keumatan, sesuai dengan perkembangan ekonomi pada saat ini.

“Saya melihat apresiasi luar biasa dari takmir-takmir masjid. Bahkan ada yang mengatakan baru kali ini diundang bupati pakai Garuda. Ini yang perlu dicontohkan dan dipertahankan,” pesannya. (mutia/izza/*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Bupati Dorong Takmir Masjid Mewujudkan Kesatuan"