Bupati Ajak Suksekan Pemilu 2019 untuk Pemerintahan Demokratis

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyuskseskan pemilihan umum 2019, untuk menghasilkan pemerintahan yang demokratis.

Ajakan bupati tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan Pemkab Jember Drs. Hadi Mulyono, M. Si. dalam  pidato pembukaan Sosialisasi Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Sebagai warga negara yang baik, seluruh masyarakat harus ikut menyukseskan pemilu, baik secara langsung maupun tidak langsung,” katanya di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Kamis, 13 Desember 2018.

Penyelenggaraan pemilu secara langsung merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Hal ini yang harus menumbuhkan motivasi.

Keberhasilan pemilu adalah keberhasilan seluruh anak bangsa. Suksesnya pemilu 2019 bukan hanya bergantung pada KPU, tapi juga butuh dukungan masyarakat dari semua komponen dan perangkat pemerintahan.

Dukungan semua lapisan masyarakat itu agar tingkat partisipasi masyarakat tetap tinggi dan tidak terpengaruh golongan putih (golput).

Terkait kegiatan, Hadi Mulyono menjelaskan, sosialisasi sebagai untuk sarana memberikan pendidikan politik dan menginformasikan kepada masyarakat luas, guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2019.

Selain itu, ada beberapa isu sosial yang memicu adanya konflik dan harus diperhatikan dalam pelaksanaan pemilu. Diantaranya, masalah data pemilih, kampanye, tata cara pemungutan, dan penghitungan suara, serta netralitas ASN .

Khusus para aparatur sipil negara atau ASN, diimbau untuk menjaga netralitasnya sebagai abdi negara. Sedangkan, masyarakat umum hendaknya bersikap dan berperilaku sebijak mungkin menaati segala peraturan perundang- undangan.

Bupati berharap peserta sosialisasi dapat menjembatani segala informasi pemilu terhadap masyarakat. “Kesuksesan pemilu sangat penting. Namun, tidak kalah penting kesatuan, kerukunan, keamanan, dan ketentraman masyarakat,” ujarnya.

Hadi Mulyono menambahkan, segenap panitia berharap sosialisasi dapat bermanfaat bagi semua masyarakat. Pemilu ini harus dilaksanakan dan diikuti semua yang memiliki hak pilih. (mutia/*f2)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker