Buku KIA Cetakan 2019 Ada Tuntunan Doa

This slideshow requires JavaScript.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menegaskan tekad Pemerintah Kabupaten Jember untuk menurunkan angka kematian ibu hamil dan melahirkan secara drastis.

“Kita ini bertekad, angka kematian ibu dan bayi di Jember harus turun drastis,” kata bupati, Jum’at 28 Desember 2018 di Kecamatan Mumbulsari.

Di hadapan ribuan ibu hamil, perempuan pertama Bupati Jember ini mengungkapn setiap ibu melahirkan adalah pejuang-pejuang yang memberikan generasi penerus terbaik.

Ribuan ibu hamil bertemu dengan Bupati Jember Faida dalam acara Kongres Ibu Hamil yang dighelar di Ponpes Nurul Ulum Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari.

Tekad menurunkan angka kematin ibu dan bayi, masih kata bupati, menjadi latar belakang perlunya digelar Kongres Ibu Hamil.

Dalam penjelasannya, bupati mengungkapkan upaya pemerintah daerah dalam melindungi bayi sejak dalam kandungan. Para ibu hamil ini diikutkan dalam program asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan.

Biaya asuransi tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah. Sehingga, bayi yang dalam kandungan sudah masuk dalam perlindungan asuransi ini.

“Belum lahir sudah dijamin oleh Ibu Bupati,” ucapnya. Karena itu, bupati berpesan agar menjadi jabang bayi yang masih dalam kandungan.

Terkait tempat penyelenggaraan kongres di pondok pesantren, bupati menyebut sebagai bentuk ngantor di pesantren. Selain itu, jabang bayi ikut mendengarkan dan merasakan sentuhan agama sehingga lahir anak yang terbaik.

Bahkan bupati mengungkapkan perintahnya kepada Kepala Dinas Kesehatan Jember agar mencantumkan tuntunan doa bagi ibu hamil dan melahirkan di buku Kartu Ibu dan Anak (KIA) cetakan 2019.

“Untuk buku KIA cetakan tahun 2019 ditambahi halaman tuntunan-tuntunan doa untuk ibu hamil dan melahirkan, supaya selamat dunia akhirat,” jelasnya.

Selain penjelasan oleh bupati terkait program pemerintah untuk ibu hamil, dalam kongres itu juga diisi dengan kuis untuk menguji pengetahuan ibu hamil.

Sebelumnya, Direktur Rumah Sakit dr. Seobandi dr. Hendro Soelistijono, M.Kes. memberikan paparan materi kesehatan ibu hamil dan melahirkan, seperti tanda-tanda ibu hamil risiko tinggi. (mutia/*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Buku KIA Cetakan 2019 Ada Tuntunan Doa"