Beli Produk UKM adalah Bentuk Bela Negara

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menjelaskan perlunya tiga sikap perjuangan pada generasi muda dalam bidang ekonomi. Sikap perjuangan ini untuk memperkuat perekonomi bangsa Indonesia.

“Harus ada tiga sikap perjuangan generasi muda, yaitu beli produk Indonesia, membela Indonesia, dan menumbuhkan persaudaraan dengan membeli dan menggunakan hanya produk lokal saja,” terangnya dalam Gebyar UKM di Gedung Soetardjo Universitas Jember.

Bupati Faida mengungkapkan, mengonsumsi merk terntentu dari produk asing tidak menguntungkan bagi masyarakat lokal, tetapi menguntungkan negara asing. Saat ini produk lokal tidak kalah saing, dan keuntungan bisa berputar di suatu wilayah.

Gebyar UKM yang digelar di Gedung Soetardjo, menurut bupati, termasuk salah satu perjuangan ekonomi. Kegiatan ini perjuangan memberikan hak asasi manusia:  hak untuk berusaha, yang menjadi salah satu hak asasi.

“Urusan kewirausahaan bukan hanya urusan ekonomi, tetapi kewirausahaan sejatinya adalah satu dari bagian hak asasi manusia,” ujarnya dalam Gebyar UKM Edisi ke-3 Indonesia 2018, Kamis 25 Oktober 2018.

Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Jember mengambil kebijakan seluruh toko-toko modern yang ada di Jember, secara bertahap, harus menjual kurang lebih 30 persen produk lokal.

Kunci sukses utama dalam berwirausaha, menurut Bupati Faida, bukanlah modal. Tetapi tujuan  yang jelas dan ketangguhan dalam berjuang. Seperti peluang, yang harus dicari dan didapatkan.

Peluang memang harus didapatkan. Jika tidak bisa menjadi yang pertama, jadilah yang berbeda. Ia menyontohkan, Jember sebagai embarkasi haji dapat menjadi peluang bagi UMKM Jember. Menjual produk sendiri, jangan sampai menjual produk Cina tetapi yang jual orang Jember.

Biasanya, oleh-oleh umroh adalah kurma. Maka kita harus punya alternatif yang berbeda. Seperti usaha yang dimiliki oleh UKM Jember, yaitu pengolahan salak menjadi selai kurma salak, yang bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh umroh-haji asli Jember.

Bupati Faida mengapresiasi para pelaku UKM di Jember. Karena semangat mereka, Kabupaten Jember meraih penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Jangan takut memulai, jangan menunggu menjadi sempurna. Mulailah dari sekarang, karena kesempatan tidak datang dua kali. Kesempatan bukan d berikan, tapi kesempatan adalah dicari. Kesempatan didapatkan, bukan dibagi-bagi,” ujarnya.

Jember memiliki potensi UMKM yang besar. Ada yang konvensional. Ada juga yang masih sendiri-sendiri. Standar produk sudah baik, mutunya juga baik. Tetapi, kurang dalam merebut pasar internasional, yang tentunya memerlukan digitalisasi. “Sudah saatnya pasar UMKM kita menguasai pasar digital,” jelasnya.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Jember mengajak semua pihak untuk mendukung UKM.  Membela produk UKM adalah kegiatan nyata bela negara.

Manfaat membela produk UKM, jelas bupat,  inflasi terkendali, ekonomi kerakyatan berdaya, ekonomi nasional terkendali, dan produk-produk nasional menguasai pasar nasional.

“UKM bukan hanya semangat, tapi ada ilmunya. Memerlukan marketing, memerlukan jaringan, dan memerlukan teknologi informasi,” Bupati Faida.

Pemkab Jember menjalin kerjasama dengan perbankan dan sudah menginisiasi pemasaran digital melalui Dinas Infokom di Kabupaten Jember. Ini sedang diuji coba memasarkan produk yang sudah masuk di katalog Pemkab Jember.

Pemasaran digital ini memiliki tantangan tersendiri. Yakni memerlukan kelanjutan produksi. Apabila saat dipasarkan ternyata suplai produk tidak bisa berkelanjutan, maka konsumen menjadi lari.

Maka,  perlu produk yang sejenis dan berkolaborasi, sehingga produktifitasnya bisa berkolaborasi. Jadi, tidak harus satu produk yang memenuhi satu pasar. Tetapi, satu pasar dipenuhi beberapa produk.

Di Jember, lebih dari 2000 UMKM yang terdata di Pemkab Jember dan tidak semuanya mempunyai produk yang berkelanjutan. (mutia/izza/*f2)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker