Anggaran untuk Petani Terus Meningkat

Anggaran yang disediakan Pemerintah Kabupaten Jember untuk kebutuhan petani di Jember terus meningkat.

Peningkatan ini dikemukakan oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR. Saat bertemu dengan petani dalam acara Festival Tani Jember 2019.

Festival yang digelar Jum’at, 13 Desember 2019, berlangsung di Yayasan Nurul Wafa di Kecamatan Mumbulsari.

Bupati menjelaskan, anggaran untuk petani pada tahun 2016 senilai setengah miliar. Angka itu mengalami kenaikan cukup signifikan.

Hingga pada tahun 2019 ini anggaran untuk para petani mencapai Rp. 32 miliar. Anggaran ini diantaranya untuk rehab jaringan irigasi persawahan.

Seperti dalam kegiatan sebelumnya, bupati membagikan Kartu Tani dan sejumlah bantuan lainnya kepada para petani yang hadir.

“Kami keliling supaya (bantuan) betul-betul sampai kepada tani, dan tidak dipungli dalam pembagian Kartu Tani ini,” ungkapnya.

Dengan Kartu Tani itu, program yang sedang dijalankan oleh pemerintah bisa terkontrol dan tepat sasaran. Kartu Tani yang disalurkan sebanyak 2.035 untuk petani di Kecamatan Mumbulsari, Ajung, dan Jenggawah.

Selain melalui kartu tersebut, pemerintah juga melakukan pendataan ulang kepada kelompok tani untuk memastikan jumlah sebenarnya.

Bantuan lain yang disalurkan dalam kesempatan itu yakni 294 handsprayer. Bantuan lain berupa alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 1.256.

Bupati berpesan agar kelompok tani memelihara bantuan alsintan yang diterima.

“Kelompok yang tidak bisa mempertanggungjawabkan alsintannya maka akan di-blacklist, karena pernah dibagikan tetapi tidak ditemukan kejelasan bendanya kemana,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu bupati kembali menegaskan seluruh bantuan yang diterima petani tidak ada syarat membayar.

“Saya jamin seluruh bantuan untuk petani tidak perlu bayar serupiah pun, petani adalah bagian penting dari pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember,” tegasnya. (izza/*f2)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker