Alumni DTS Diharapkan Bantu Pemerintah Bikin Inovasi

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya akan membentuk startup alumni Digital Talent Scholarship (DTS).

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, BPSDMP menemui Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis, 17 Oktober 2019.

“Hasilnya, Bupati siap mendukung pembentukan startup alumni DTS 2018,” terang Eka Handayani, SE., MM. usai pertemuan.

Lebih jauh Eka Handayani menjelaskan, startup yang dibentuk nantinya berdasarkan 4 C, yakni coffee, cigar, chocolato, dan culture.

Merespon rencana tersebut, Eka Handayani menyatakan Bupati ingin para startup alumni DTS tersebut bisa membantu Pemerintah Kabupaten Jember.

“Membantu Pemda untuk menciptakan berbagai inovasi di pemerintahan,” terang Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya ini.

Inovasi di bidang digital itu seperti e-transport, pendopo ekspres, mobile rombong atau oulet, e-sedekah yang terkoneksi dengan Baznas, e-warung yakni 1.000 warung berjejaring online dan terdistribusi.

“Serta aplikasi untuk mengetahui stok dan lokasi panen sejumlah bahan pokok. Jadi sekarang ada panen apa dan dimana bisa diketahui,” jelasnya.

Sementara itu, BPSDMP Kominfo berharap startup-startup itu bisa membantu percepatan Jember menjadi smart city dan mempercepat industry 4.0. “Karena semuanya sudah serba digital,” terangnya.

Eka Handayani menjelaskan, para alumni DTS itu telah menjalani ujian yang digelar di Politeknik Negeri Jember. Ada 189 orang peserta dengan peserta dari Jember sebanyak 98 orang.

Untuk pembentukan startup ini, pihaknya akan melaksanakan booth camp selama dua hari. Ada perwakilan dari UMKM dan ketua tim alumni DTS sebanyak 10 orang.

Dalam acara tersebut akan didiskusikan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Acara ini rencananya akan digelar pada bulan November 2019. (Izza, Mutia, *f2)

 

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker